RENCANA
PELAKSANAN PEMBELAJARAN
Ke-
9 dan Ke-10
Satuan Pendidikan : MTs N MODEL BABAKAN
Matapelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Mengalihaksarakan paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa
Alokasi Waktu : 2 X pertemuan (4 x 40 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian nyata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1. 1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Berdoa sebelum dan
sesudah pembelajaran
|
2.1
Memiliki
serta menghargai perilaku
jujur, disiplin, dan
tanggung jawab dalam menyampaikan informasi atau tanggapan terhadap berbagai hal/keperluan sesuai dengan tata krama Jawa.
|
2.1.1
menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran Mengalihaksarakan paragraf
Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa
2.1.2
berperilaku disiplin dalam pembelajaran Mengalihaksarakan
paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa
menunjukkan rasa tanggungjawab dalam pembelajaran Mengalihaksarakan paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa
|
4.5 Mengalihaksarakan paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa
|
4.5.1 Membaca
teks berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan
4.5.2 Menyalin teks berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan
dan pasangan ke huruf latin
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan
dapat:
1
Berdoa sebelum dan sesudah pelaksanaan
pembelajaran materi Mengalihaksarakan paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin ke
huruf Jawa
2
Selalu bersyukur setelah melaksanakan kegiatan
pembelajaran
3
Bersikap jujur ketika membaca Mengalihaksarakan paragraf Kidang
Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa
4
Bersikap disiplin ketika berdiskusi tentang cara mengalihaksarakan Mengalihaksarakan
paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa ke huruf Latin dengan baik
5
Mengalihaksarakan paragraf Kidang Kencana
berhuruf Latin ke huruf Jawa dengan tepat
Pertemuan 2
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Berdoa sebelum dan sesudah pelaksanaan
pembelajaran materi Mengalihaksarakan
paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa
2.
Selalu bersyukur setelah melaksanakan kegiatan
pembelajaran
3.
Bersikap
jujur dalam menulis Mengalihaksarakan
paragraf Kidang Kencana berhuruf huruf Jawa ke huruf Latin
4.
Bersikap
disiplin dalam berdiskusi tentang cara menulis Mengalihaksarakan paragraf
Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa dengan baik
D. Materi
Pembelajaran
1. Membaca Aksara Jawa (Mengalihaksarakan
paragraf Kidang Kencana berhuruf Jawa ke huruf Latin)
2. Menulis Aksara Jawa (Mengalihaksarakan
paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin ke huruf Jawa)
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode saintifik
2.
Model
pembelajaran berbasis masalah(PBL)
F. Media, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
LCD proyektor, speaker
2. Sumber Belajar : Marsudi Basa lan Sastra Jawa
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
·
Berdoa sebelum
melaksanakan kegiatan belajar
·
Memeriksa kehadiran dan
kesiapan peserta didik
·
Apersepsi huruf jawa, sandhangan, dan pasangan
·
Menyampaikan tujuan pembelajarankepada siswa
|
(10 menit )
|
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, peserta didik
melakukan langkah-langkah sebagai
berikut.
Mengamati
·
Menyimak berhuruf Jawa di buku atau di power point
Menanya
·
Bertanya jawab tentang
penerapan sandhangan dan pasangan
Mengumpulkan
informasi
·
Berdiskusi tentang cara
membaca Mengalihaksarakan paragraf Kidang Kencana berhuruf Jawa ke huruf Latin
Mengasosiasi
·
Mencoba membaca kalimat dan teks
berhuruf Jawa.
Mengomunikasikan
·
Membaca kalimat dan
teks berhuruf Jawa untuk mendapatkan tanggapan
dari peserta didik dan guru
|
(65 menit)
|
Penutup
Kegiatan
penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
· Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan materi
PBM.
·
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah
dicapai.
· Guru memberikan tugas individual untuk berlatih
mengalihaksarakan teks berhuruf Jawa
|
(5 menit)
|
Pertemuan 2
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
Dalam
kegiatan pendahuluan, guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
·
Berdoa sebelum melaksanakan kegiatan belajar
·
Memeriksa kehadiran dan
kesiapan peserta didik
·
Apersepsi dengan
menampilkan teks berhuruf Jawa dan alih aksarannya
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
(10 menit )
|
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, peserta didik
melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
Mengamati
·
Mengamati contoh
alihaksara sebuah teks yang diberikan guru melalui papan tulis atau LCD
Menanya
·
Menanyakan perbedaan tata
tulis huruf Jawa dan Latin
Mengumpulkan informasi
·
Mengumpulkan data tentang
cara menulis kalimat dan teks berhuruf Jawa
melalui diskusi dengan disiplin, jujur, dan saling menghargai.
Mengasosiasi
·
Menganalisis cara
mengalihaksarakan bacaan berhuruf Jawa
Mengomunikasikan
·
Menyajikan hasil alih aksara
sebuah teks berhuruf latin
ke huruf Jawa
|
(65 menit)
|
Penutup
Kegiatan penutup mencakup
langkah-langkah sebagai berikut:
·
Guru bersama-sama peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran.
·
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah
dicapai.
·
Guru memberikan tugas individual untuk
pertemuan yang akan datang
|
(5 menit)
|
H. Penilaian
1. Sikap Spiritual
b.
Teknik
Penilaian : Penilaian diri
c.
Bentuk
Instrumen : Skala
No.
|
Sikap/nilai
|
No.
Butir
|
1.
|
Menerima dengan baik keragaman dan keunikan
bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
|
1
(a, b, c)
|
2.
|
Menghargai keragaman dan keunikan bahasa
Jawa sebagai anugerah Tuhan
|
2
(a, b, c)
|
Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk
Berilah
tanda silang (X) sesuai dengan pendapat Anda. (Diisi oleh peserta didik)
Pernyataan
|
Pilihan
|
|||
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
|
1. Keunikan
dan keragaman bahasa Jawa merupakan anugerah Tuhan yang patut ….
|
|
|
|
|
a. diterima.
|
|
|
|
|
b.dihargai.
|
|
|
|
|
2. Keunikan
dan keragaman sastra Jawa merupakan anugerah Tuhan yang patut ….
|
|
|
|
|
a.
diterima.
|
|
|
|
|
b.dihargai.
|
|
|
|
|
3. Keunikan
dan keragaman huruf jawa merupakan anugerah Tuhan yang patut ….
|
|
|
|
|
a.diterima.
|
|
|
|
|
b.dihargai.
|
|
|
|
|
Keterangan
SS = Sangat Setuju, skor = 4
S = Setuju, skor
= 3
TS = Tidak Setuju, skor = 2
STS
= Sangat Tidak Setuju, skor = 1
Pedoman Penskoran:
Untuk setiap aspek nilai,
pilihan berkisar dari “Sangat Tidak Setuju” dengan skor 1 sampai “Sangat Setuju” dengan skor 4, maka untuk
ketiga butir jumlah skor yang diperoleh
berkisar antara 3 sampai 12.
Keterangan
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,50 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,50 < skor ≤ 3,50
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,50 < skor ≤ 2,50
Kurang :
apabila memperoleh skor :1.00 < skor ≤ 1,50
2
Penilaian
Sikap Sosial
a.
Teknik
Penilaian : Pengamatan
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
Penilaian sikap sosial untuk diskusi
No.
|
Nilai
|
Deskripsi
|
No.
Butir
|
1
|
Menghargai orang lain
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
1
|
2
|
Jujur
|
Mengekspresikan gagasan dengan jujur
|
2
|
3
|
Disiplin
|
Mengikuti kegiatan diskusi dengan disiplin
|
3
|
4
|
Kesantunan
|
Menyampaikan pendapat dengan bahasa Jawa
yang santun
|
4
|
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
|
Kete
kunan
|
Kedisi-
plinan
|
Keso-
panan
|
Kepa-
tuhan
|
Kepe-
dulian
|
Kerja
sama
|
Keju-
uran
|
Ket
|
|
|
v
|
V
|
V
|
V
|
v
|
-
|
V
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Penugasan
b. Bentuk
Instrumen : Skala
c. Kisi-kisi :
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
No. Butir
|
1
|
Membaca
kalimat dan teks berhuruf Jawa dengan benar
|
1 - 100
|
Instrumen
Penilaian Pengetahuan (K3)
1.
Wacanen teks ing ngisor iki !
?kif=kenCn.
?p]burmwijynliklelns[j]oni=alsDnDksekliynK[rog/w[nyaiku[fwisinT,lnFi[d[rkK[k[dni=ryi[nkeksihr[fnlesMn.ski=mBzunT|ru[tTk[roai=k=rm[nyaikup]bufsrtai=z[yof-,
st]iyrmk[rog/w[nni=glKmu[kTnlelnmev=als\.r[fnLesMn[aor[kri,set- tuauziri=z[kseduli/tuwmev=als\.teknTezhals\,swi[snun=D|zibutbutsi=g=gug[wprpnDitsi=me/tplnG[wruskKi=p]tp[n,st]iyrmsekliynHm_am_autwa_g/a_g/p_glihfi[d[rk[kst]iylesMnmev=arartezhalsK=z}sepP[kpnF|lu.
Kunci Jawaban :
KIDANG KENCANA
Prabu Ramawijaya nalika lelana sajroning alas
Dhandhaka sekaliyan karo garwane yaiku Dewi Sinta, lan didherekake dening
rayine kekasih Raden Lesmana. Saking mbangunturute karo ingkang ramane yaiku
Prabu Dasarata ing Ngayodya, satriya Rama karo garwane ninggal kamukten lelana
menyang alas. Raden Lesmana ora keri, setya tuhu ngiringake sedulir tuwa
menyang alas. Tekan tengah alas, sawise nundhungi buta-buta sing ganggu gawe
para pandhita sing mertapa lan gawe rusaking pratapane, satriya Rama sekaliyan
ameng-ameng utawa enggar-enggar penggalih didherekake satriya Lesmana menyang
ara-ara tengah alas kang ngresepake pandulu
Pedoman
Penskoran:
Setiap huruf benar diberi
skor 1, sedangkan jawaban salah diberi skor 0. Karena terdapat 100 huruf maka skor
berkisar 0 – 100.
4
Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes praktik
b. Bentuk Instrumen : Penugasan
b. Kisi-kisi
:
No.
|
Indikator
|
No.
Butir
|
1
|
Menulis teks menggunakan huruf Jawa
|
1
|
Instrumen
Penilaian Keterampilan (K4)
Soal
1. Wacan ing ngisor iki tulisen
nganggo aksara Jawa!
Raden
rama punika putra kakungipun prabu dasarata , raja ing ayodya kaliyan dewi kosalya.
Ing satunggaling dinten raden rama mumbara sesarengan kaliyan ingkang
garwa , dewi sinta , lan ingkang rayi raden
laksmana. Nalika tetiganipun dumugi ing wana. Dewi sinta pirsa kumlebating kidang kencana, kidang kang warni emas.
Kidang
kala wau kekiter ing sacedhaking papan kalawau.
Kunci Jawaban :
?r[fnRmpunikput]kku=zipunP]budsrt,rjai=a[yof-kliy[nFwi[koslY.ai=stu=glLi=dinTenR[fnRmmumBrsesr_znKliynHi=k=g/w[dwisinT,lnHi=k=ryilkSmn.nliktetignipunFumugiai=wn.
[fwisinTpi/skumLebtTi=kif=kenCn,kif=k=w/niaems\.kif=klwaukekite/ai=scefkKi=ppnKlwau.
Rubrik Penilaian Produk
(Menulis paragraf berhuruf Jawa)
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1
|
Penulisan huruf
|
|
|
|
|
2
|
Penerapan sandhangan
|
|
|
|
|
3
|
Penerapan pasangan
|
|
|
|
|
4
|
Ketuntasan
|
|
|
|
|
Keterangan:
4
= Sangat Baik 2 = Cukup
3
= Baik 1 = Kurang
Untuk
setiap aspek yang dinilai, pilihan berkisar dari “kurang” dengan skor 1 sampai
“sangat baik” dengan skor 4, maka jumlah skor yang diperoleh berkisar antara 4
sampai 16
Babakan,
Desember 2014
Kepala MTs N Model Babakan
Drs. H. Wahidin
NIP. 19550105 198203 1004
|
Guru Mata Pelajaran
Bahasa Jawa
Isnen Widiyanti, S.Pd
NIP. 19790924 200901 2 006
|
bu silabus ktsp dan kurtilas ada gak bu?
BalasHapus