MENGURAI AJARAN JAWA
DALAM SERAT WULANGREH PUPUH KINANTHI
Serat Wulang Reh adalah salah
satu karya Sastra Jawa karangan Sri Pakubuwono ke IV. Serat ini sangat terkenal
dalam masyarakat Jawa tempoe doeloe (karena saya tidak yakin apakah para pemuda
masa kini masih mau mempelajarinya). Isinya tentang kebaikan yang dapat
dijadikan pegangan hidup, dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.
Serat Wulang Reh yang merupakan
karya sastra berbentuk tembang, terdiri atas 13 pupuh, yaitu: (1) Dhandhanggula
(berisi tentang ajaran cara memilih guru), (2) Kinanthi (berisi ajaran tentang
cara bergaul/memilih teman), (3) Gambuh (berisi tentang larangan memiliki watak
adigang, adigung, adiguna), (4) Pangkur (berisi ajaran tentang tatakrama,
perbedaan baik dan buruk dan cara melihat perwatakan manusia), (5) Maskumambang
(berisi ajaran tentang melakukan sembah), (6) Dudukwuluh (berisi ajaran tentang
cara mengabdi kepada raja), (7) Durma (berisi ajaran tentang cara mengendalikan
hawa nafsu), (8) Wirangrong (berisi ajaran tentang baik-buruknya budi), (9)
Pucung (berisi ajaran tentang bagaimana cara mempererat tali persaudaraan dan
memahami isi bacaan), (10) Mijil (berisi ajaran tentang berserah dan
bersyukur), (11) Asmaradana (berisi ajaran tentang bagaimana menjalani agama),
(12) Sinom (berisi ajaran tentang dasar-dasar perlaku) dan (13) Girisa (berisi
ajaran tentang pesan serta doa Sang Pujangga).
Serat Wulangreh merupakan salah
satu karya sastra yang diciptakan oleh Sri Susuhunan Pakubuwono IV sebagai
peringatan, pedoman dan nasihat dalam menjalani laku hidup yang benar. Serat
Wulangreh mengandung beberapa ajaran
dalam susunan yang tematik. Masing-masing tema dituangkan dalam pupuh-pupuh
tembang atau sekar.
Dalam ajaran Jawa, ada dua
faktor yang mengancam kehidupan manusia, yaitu nafsu (nepsu) dan egoisme . Oleh karena itu manusia harus dapat
mengendalikan nafsu-nafsunya dan melepaskan pamrihnya (egonya). Nafsu adalah
dorongan primitip dalam diri manusia yang dapat membunuh kendali diri. Selain itu nafsu juga
memboroskan kekuatan batin serta
melumpuhkan akal sehat. Manusia
yang dikuasai nafsu tidak lagi bisa
mengembangkan jiwa halusnya, tingkah
lakunya membahayakan ketentraman serta menimbulkan konflik dan ketegangan dalam
masyarakat.
Serat Wulangreh dalam pupuh
Kinanthi ini intinya menganjurkan agar manusia menjalankan laku tapa dengan
mengurangi makan dan tidur agar terbebas dari nafsu (pada 1 dan 2).
Pada-pada selanjutnya (3 s/d 16) dalam
pupuh Kinanthi ini diberikan petujuk bagaimana orang harus menjaga laku dalam
bebagai pergaulan serta menunjukkan baik
buruknya pengaruh pergaulan terhadap
jiwa kita. Ada petunjuk bahwa manusia itu rawan terhadap berkobarnya nafsu
terutama dalam diri kaum muda.
Di bawah ini diuraikan makna dari setiap pupuh
menurut tema ajaran sehingga uraiannya tidak sesuai dengan urutan dalam buku
Serat Wulangreh.
01
Padha gulangen ing kalbu,// ing sasmita amrip
lantip,// aja pijer mangan nendra,// ing kaprawiran den kesthi,// pesunen
sarinira// sudanen dhahar lan guling.
Latihlah
hatimu // tentang suara hati agar menjadi ahli // jangan terlalu banyak makan dan
tidur // tentang sifat keperwiraan agar menjadi cita-cita // ambilah
intisarinya // kurangilah makan dan minum.
02
Dadia lakunireku,// cegah dhahar lawan guling,//
lan aja sukan-sukan,// anganggoa sawatawis,// ala watake wong suka,// nyuda
prayitnaning batin.
Jadikanlah
kebiasaan // menahan makan dan tidur // dan jangan bersuka-suka //
bersuka-sukalah sekedarnya // karena jelek watak atas orang yang senang
bersuka-suka // karena akan mengurangi kewaspadaan batin.
03
Yen wis tinitah wong agung,// aja sira nggunggung
dhiri,// aja leket lan wong ala,// kang ala lakunireki,// nora wurung
ngajak-ajak,// satemah anunulari.
Jika sudah
ditakdirkan menjadi orang terhormat // janganlah engkau menguja diri // jangan
bersahabat dengan orang yang bersifat jahat // yang jelek kelakuannya // tidak
lain selalu mengajak // sehingga engkau tertular sifat jeleknya.
04
Nadyan asor wijilipun,// yen kalakuane becik,//
utawa sugih carita,// carita kang dadi misil,// iku pantes raketana,// darapin
mundhak kang budi.
Walau
keturunan rakyat jelata // jika kelakuannya baik // atau banyak cerita //
cerita yang bisa dijadikan pelajaran // itu yang pantas engkau jadikan sahabat
// dengan harapan akan memperbaiki budi pekerti.
05
Yen wong anom pan wis tamtu,// manut marang kang
ngadhepi,// yen kang ngadhep akeh bangsat,// datan wurung bisa juti,// yen kang
ngadhep keh durjana,// nora wurung bisa maling.
Jika orang
muda memang sudah pasti // tergantung yang menjadi pergaulannya // jika bergaul
dengan penjahat // akhirnya pun akan mengetahui ilmunya // jika yang menjadi
teman bermainnya para durjana // tidak lain akan mengetahui ilmu pencuri.
06
Sanajan ta nora milu,// pasthi wruh solahing
maling,// kaya mangkono sabarang,// panggawe ala puniki,// sok weruha nuli
bisa,// yeku panuntuning eblis.
Walau tidak
ikut mencuri // pasti akan mengetahui kelakuan pencuri // seperti itulah dalam
pergaulan // Perbuatan jelek itu // jika mengetahui maka akan bisa melakukannya
// itulah arahan dan ajakan iblis.
07
Panggawe becik puniku,// gampang yen wus den
lakoni,// angel yen durung kalakyan,// arasa-arasen nglakoni,// tur iku den
lakonana,// mupangati badaneki.
Perbuatan
baik itu // mudah jika sudah dijalankan // sulit jika belum dilaksanakan //
karena malas untuk memulainya // namun jika dijalankan // bermanfaat bagi diri.
08
Lan wong anom-anom iku,// kang kanggo ing mangsa
iki,// andhap-asor dipun simpar,// umbag gumunggung ing dhiri,// obral umuk
kang den gulang,// kumenthus lawan kumaki.
Dan orang
muda itu // di masa sekarang // sifat sopan sampun telah ditinggalkan // karena
sangat menyombongkan diri // mengobral cerita bohong yang selalu dijalankan //
mengaku pintar dan mengaku bisa.
09
Sapa sira sapa ingsun,// angalunyat sarta edir,//
iku lalabete uga,// nonoman adoh wong becik,// emoh angrungu carita,// carita
ala lan becik.
Siapa dirimu
siapa saya // berlagak dan bergaya // itu semua karena bekas dari // anak muda
yang menjauhi orang baik // tidak mau mendengarkan cerita // atas cerita yang
jelek dan cerita yang baik.
10
Carita pan wus kalaku,// panggawe ala lan becik,//
tindak bener lan kang ora,// kalebu jro cariteki,// mulane aran carita,//
kabeh-kabeh den kawruhi.
Cerita
memang sudah menceritakan // perbuatan jahat dan perbuatan baik // kelakuan
yang benar dan yang salah // sudah termuat di dalam cerita // sehingga disebut
cerita // semuanya harus dimuatnya.
11
Mulane wong anom iku,// becik ingkang ataberi,//
jajagongan lan wong wong tuwa,// ingkang sugih kojah ugi,// kojah iku
warna-warna,// ana ala ana becik.
Sehingga
anak muda itu // lebih baik rajin // duduk bersama dengan orang tua // yang
mempunyai banyak cerita // cerita itu bermacam-macam // ada yang baik dan ada
yang tidak baik.
12
Ingkang becik kojahipun,// sira anggoa kang
pasthi,// ingkang ala singgahana,// aja sira anglakoni,// lan den awas wong
akojah,// iya ing mangsa puniki.
Cerita yang
baik itu // kamu pakai dengan benar // cerita yang jelek hindarirlah //
janganlah kau lakukan cerita yang jelek itu // dan hati-hatilah dalam bercerita
// karena di jaman sekarang itu.
13
Akeh wong kang sugih wuwus, ,// nanging den sampar pakolih, ,// amung badane priyangga, ,// kang den pakolihken ugi, ,// panastene kang den umbar, ,// tan na nganggo sawatawis.
Banyak orang
yang pintar bercerita // namun di buang cerita baiknya // hanya badan sendiri
/// yang dijadikan contoh dalam ceritanya // panas hatinya yang di uraikan //
tidak mempergunakan pertimbangan.
14
Aja na wong bisa tutur, ,// ngemungna ingsun pribadi, ,// aja na kang amamadha, ,// angrasa pinter pribadi, ,// iku setan nunjang-nunjang, ,// tan pantes dipun pareki.
Jangan
sampai ada yang bisa bercerita // hanya dirinya sendiri saja // jangan sampai
ada yang menyamainya // karena merasa paling pinter // itu sifat setan yang
tersesat // tidak pantas untuk didekati.
15
Sikokna den kaya asu, ,// yen wong kang mangkono ugi, ,// dahwen open nora layak,// yen sira sandhingan linggih, ,// nora wurung katularan,// becik singkarana ugi.
Katailah
bagaikan anjing // jika orang yang demikian biasanya juga // mempunyai sifat
yang tidak baik suka mencampuri urusan orang // jika kamu jadikan teman duduk
// akhirnya pun kamu akan tertular // lebih baik kamu hindari saja.
16
Poma-poma wekasingsun, // mring kang maca layang iki,,// lahir batin den estokna,// saunine layang iki, // lan den bekti mring wong tuwa,// ing lahir prapta ing batin.
Perhatikanlah
pesanku ini // kepada yang membaca Serat ini // lahir batin patuhilah // isi
dari Serat ini // dan berbaktilah kepada kedua orang tua // dalam lahir maupun
dalam batin.
Hadir
BalasHapusHadir
BalasHapus