sugeng rawuh


widget

Rabu, 09 Maret 2016

Ajaran Jawa dalam Serat Wulangreh Pupuh Kinanthi

MENGURAI AJARAN JAWA
DALAM SERAT WULANGREH PUPUH KINANTHI
Serat Wulang Reh adalah salah satu karya Sastra Jawa karangan Sri Pakubuwono ke IV. Serat ini sangat terkenal dalam masyarakat Jawa tempoe doeloe (karena saya tidak yakin apakah para pemuda masa kini masih mau mempelajarinya). Isinya tentang kebaikan yang dapat dijadikan pegangan hidup, dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.
Serat Wulang Reh yang merupakan karya sastra berbentuk tembang, terdiri atas 13 pupuh, yaitu: (1) Dhandhanggula (berisi tentang ajaran cara memilih guru), (2) Kinanthi (berisi ajaran tentang cara bergaul/memilih teman), (3) Gambuh (berisi tentang larangan memiliki watak adigang, adigung, adiguna), (4) Pangkur (berisi ajaran tentang tatakrama, perbedaan baik dan buruk dan cara melihat perwatakan manusia), (5) Maskumambang (berisi ajaran tentang melakukan sembah), (6) Dudukwuluh (berisi ajaran tentang cara mengabdi kepada raja), (7) Durma (berisi ajaran tentang cara mengendalikan hawa nafsu), (8) Wirangrong (berisi ajaran tentang baik-buruknya budi), (9) Pucung (berisi ajaran tentang bagaimana cara mempererat tali persaudaraan dan memahami isi bacaan), (10) Mijil (berisi ajaran tentang berserah dan bersyukur), (11) Asmaradana (berisi ajaran tentang bagaimana menjalani agama), (12) Sinom (berisi ajaran tentang dasar-dasar perlaku) dan (13) Girisa (berisi ajaran tentang pesan serta doa Sang Pujangga).
Serat Wulangreh merupakan salah satu karya sastra yang diciptakan oleh Sri Susuhunan Pakubuwono IV sebagai peringatan, pedoman dan nasihat dalam menjalani laku hidup yang benar. Serat Wulangreh  mengandung beberapa ajaran dalam susunan yang tematik. Masing-masing tema dituangkan dalam pupuh-pupuh tembang atau sekar.
Dalam ajaran Jawa, ada dua faktor yang mengancam kehidupan manusia, yaitu nafsu (nepsu) dan egoisme .  Oleh karena itu manusia harus dapat mengendalikan nafsu-nafsunya dan melepaskan pamrihnya (egonya). Nafsu adalah dorongan primitip dalam diri manusia yang dapat membunuh  kendali diri. Selain itu nafsu juga memboroskan kekuatan batin serta  melumpuhkan akal sehat.  Manusia yang dikuasai  nafsu tidak lagi bisa mengembangkan jiwa halusnya,  tingkah lakunya membahayakan ketentraman serta menimbulkan konflik dan ketegangan dalam masyarakat.
Serat Wulangreh dalam pupuh Kinanthi ini intinya menganjurkan agar manusia menjalankan laku tapa dengan mengurangi makan dan tidur agar terbebas dari nafsu (pada 1 dan 2). Pada-pada  selanjutnya (3 s/d 16) dalam pupuh Kinanthi ini diberikan petujuk bagaimana orang harus menjaga laku dalam bebagai pergaulan serta menunjukkan  baik buruknya pengaruh pergaulan  terhadap jiwa kita. Ada petunjuk bahwa manusia itu rawan terhadap berkobarnya nafsu terutama dalam diri kaum muda.
Di bawah ini diuraikan makna dari setiap pupuh menurut tema ajaran sehingga uraiannya tidak sesuai dengan urutan dalam buku Serat Wulangreh.
01
Padha gulangen ing kalbu,// ing sasmita amrip lantip,// aja pijer mangan nendra,// ing kaprawiran den kesthi,// pesunen sarinira//  sudanen dhahar lan guling.
Latihlah hatimu // tentang suara hati agar menjadi ahli // jangan terlalu banyak makan dan tidur // tentang sifat keperwiraan agar menjadi cita-cita // ambilah intisarinya // kurangilah makan dan minum.
02
Dadia lakunireku,// cegah dhahar lawan guling,// lan aja sukan-sukan,// anganggoa sawatawis,// ala watake wong suka,// nyuda prayitnaning batin.
Jadikanlah kebiasaan // menahan makan dan tidur // dan jangan bersuka-suka // bersuka-sukalah sekedarnya // karena jelek watak atas orang yang senang bersuka-suka // karena akan mengurangi kewaspadaan batin.
03
Yen wis tinitah wong agung,// aja sira nggunggung dhiri,// aja leket lan wong ala,// kang ala lakunireki,// nora wurung ngajak-ajak,// satemah anunulari.
Jika sudah ditakdirkan menjadi orang terhormat // janganlah engkau menguja diri // jangan bersahabat dengan orang yang bersifat jahat // yang jelek kelakuannya // tidak lain selalu mengajak // sehingga engkau tertular sifat jeleknya.
04
Nadyan asor wijilipun,// yen kalakuane becik,// utawa sugih carita,// carita kang dadi misil,// iku pantes raketana,// darapin mundhak kang budi.
Walau keturunan rakyat jelata // jika kelakuannya baik // atau banyak cerita // cerita yang bisa dijadikan pelajaran // itu yang pantas engkau jadikan sahabat // dengan harapan akan memperbaiki budi pekerti.
05
Yen wong anom pan wis tamtu,// manut marang kang ngadhepi,// yen kang ngadhep akeh bangsat,// datan wurung bisa juti,// yen kang ngadhep keh durjana,// nora wurung bisa maling.
Jika orang muda memang sudah pasti // tergantung yang menjadi pergaulannya // jika bergaul dengan penjahat // akhirnya pun akan mengetahui ilmunya // jika yang menjadi teman bermainnya para durjana // tidak lain akan mengetahui ilmu pencuri.
06
Sanajan ta nora milu,// pasthi wruh solahing maling,// kaya mangkono sabarang,// panggawe ala puniki,// sok weruha nuli bisa,// yeku panuntuning eblis.
Walau tidak ikut mencuri // pasti akan mengetahui kelakuan pencuri // seperti itulah dalam pergaulan // Perbuatan jelek itu // jika mengetahui maka akan bisa melakukannya // itulah arahan dan ajakan iblis.
07
Panggawe becik puniku,// gampang yen wus den lakoni,// angel yen durung kalakyan,// arasa-arasen nglakoni,// tur iku den lakonana,// mupangati badaneki.
Perbuatan baik itu // mudah jika sudah dijalankan // sulit jika belum dilaksanakan // karena malas untuk memulainya // namun jika dijalankan // bermanfaat bagi diri.
08
Lan wong anom-anom iku,// kang kanggo ing mangsa iki,// andhap-asor dipun simpar,// umbag gumunggung ing dhiri,// obral umuk kang den gulang,// kumenthus lawan kumaki.
Dan orang muda itu // di masa sekarang // sifat sopan sampun telah ditinggalkan // karena sangat menyombongkan diri // mengobral cerita bohong yang selalu dijalankan // mengaku pintar dan mengaku bisa.
09
Sapa sira sapa ingsun,// angalunyat sarta edir,// iku lalabete uga,// nonoman adoh wong becik,// emoh angrungu carita,// carita ala lan becik.
Siapa dirimu siapa saya // berlagak dan bergaya // itu semua karena bekas dari // anak muda yang menjauhi orang baik // tidak mau mendengarkan cerita // atas cerita yang jelek dan cerita yang baik.
10
Carita pan wus kalaku,// panggawe ala lan becik,// tindak bener lan kang ora,// kalebu jro cariteki,// mulane aran carita,// kabeh-kabeh den kawruhi.
Cerita memang sudah menceritakan // perbuatan jahat dan perbuatan baik // kelakuan yang benar dan yang salah // sudah termuat di dalam cerita // sehingga disebut cerita // semuanya harus dimuatnya.
11
Mulane wong anom iku,// becik ingkang ataberi,// jajagongan lan wong wong tuwa,// ingkang sugih kojah ugi,// kojah iku warna-warna,// ana ala ana becik.
Sehingga anak muda itu // lebih baik rajin // duduk bersama dengan orang tua // yang mempunyai banyak cerita // cerita itu bermacam-macam // ada yang baik dan ada yang tidak baik.
12
Ingkang becik kojahipun,// sira anggoa kang pasthi,// ingkang ala singgahana,// aja sira anglakoni,// lan den awas wong akojah,// iya ing mangsa puniki.
Cerita yang baik itu // kamu pakai dengan benar // cerita yang jelek hindarirlah // janganlah kau lakukan cerita yang jelek itu // dan hati-hatilah dalam bercerita // karena di jaman sekarang itu.
13
Akeh wong kang sugih wuwus, ,//  nanging den sampar pakolih, ,//  amung badane priyangga, ,//  kang den pakolihken ugi, ,//  panastene kang den umbar, ,//  tan na nganggo sawatawis.
Banyak orang yang pintar bercerita // namun di buang cerita baiknya // hanya badan sendiri /// yang dijadikan contoh dalam ceritanya // panas hatinya yang di uraikan // tidak mempergunakan pertimbangan.
14
Aja na wong bisa tutur, ,//  ngemungna ingsun pribadi, ,//  aja na kang amamadha, ,//  angrasa pinter pribadi, ,//  iku setan nunjang-nunjang, ,//  tan pantes dipun pareki.
Jangan sampai ada yang bisa bercerita // hanya dirinya sendiri saja // jangan sampai ada yang menyamainya // karena merasa paling pinter // itu sifat setan yang tersesat // tidak pantas untuk didekati.
15
Sikokna den kaya asu, ,//  yen wong kang mangkono ugi, ,//  dahwen open nora layak,//  yen sira sandhingan linggih, ,//  nora wurung katularan,//  becik singkarana ugi.
Katailah bagaikan anjing // jika orang yang demikian biasanya juga // mempunyai sifat yang tidak baik suka mencampuri urusan orang // jika kamu jadikan teman duduk // akhirnya pun kamu akan tertular // lebih baik kamu hindari saja.
16
Poma-poma wekasingsun, //  mring kang maca layang iki,,//  lahir batin den estokna,//  saunine layang iki, //  lan den bekti mring wong tuwa,//  ing lahir prapta ing batin.

Perhatikanlah pesanku ini // kepada yang membaca Serat ini // lahir batin patuhilah // isi dari Serat ini // dan berbaktilah kepada kedua orang tua // dalam lahir maupun dalam batin.

2 komentar: